QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Kamis, 11 Maret 2010

DAH GAK JAMANNYA LAGI PHOBIA UNAS


Wah! Sebentar lagi kita bakal menghadapi UNAS nih! Ujian Nasional seakan menjadi puncak dari pembelajaran siswa selama kurang lebih 3 tahun. Hal itu terjadi karena UNAS seakan-akan menjadi tolok ukur kelulusan siswa. Ya kalau dipikir kan tidak sepenuhnya seperti itu, namun itulah yang terjadi di lapangan. Tidak sedikit juga siswa yang malah mempunyai phobia karena akan menghadapi UNAS. UNAS bagaikan momok bagi mereka, muncul rasa takut gagal dan kecemasan yang berlebihan karenanya sehingga ujung-ujungnya streslah yang muncul.
Nah! Dalam artikel ini mari kita coba untuk memberikan kesempatan pada kita untuk berpikir positif secara logis dalam menyiapkan UNAS, supaya kita terhindar dari stres yang sebenarnya tidak perlu. Kenapa? Untuk mengetahui kenapa stres sangat tidak perlu, mari kita ketahui apa itu stres dan dampak-dampaknya berikut ini.

STRES
Adalah suatu keadaan batin yang diliputi kekhawatiran akibat perasaan seperti takut, tidak aman, ledakan perasaan yang berlebihan, cemas dan berbagai tekanan lainnya yang merusak keseimbangan tubuh.
Dampak yang timbul pun sangat banyak, namun dampak-dampak yang langsung berpengaruh pada kesiapan kita menghadapi UNAS yaitu :
1. Cemas dan panik
2. Mengeluarkan keringat berlebih
3. Kesulitan tidur
4. Migrain
5. Melemahnya sistem kekebalan
6. Hilangnya kepercayaan diri
7. Kesulitan melakukan gerak atau diam
8. Ketidakmampuan memusatkan perhatian
9. Mudah tersinggung
(www.Harunyahya.Com,artikel-stres dan depresi akibat tidak menjalankan agama)

Dengan mengetahui apa itu stres beserta sebab akibatnya, pastinya kita dapat menghindari stres pada masa pra-UNAS. Jika kita melihat lagi dampak dari stres hubungannya dengan pengaruh dari kesiapan kita, sangat fatal jika kita mengalami stres. Bayangkan saja jika kita mengalami :
1. Cemas dan panik : biasanya muncul saat hari H ujian. Jika kita cemas dan panik, akan membuat pikiran tidak fokus dan kurang teliti dalam mengerjakan soal.
2. Mengeluarkan keringat berlebih : wah! Dapat membasahi LJK tuh! Ntar LJK gak bisa kebaca scaner, dan yang lebih parah lagi bisa menimbulkan bau badan yang tak terkendali.
3. Kesulitan tidur : jika terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan kurang istirahat dan berujung pada kesulitan berkonsentrasi karena mengantuk.
4. Melemahnya sistem kekebalan : akan membuat kita mudah terserang penyakit.
5. Hilangnya kepercayaan diri : kurang PD menghadapi ujian membuat seseorang tergoda untuk berbuat curang dengan mencontek.

Nah! Dengan kata lain, jika kita stres akan mengalami komplikasi dari dampak stres di atas. Bisa disimpulkan sendiri jika keadaan kita seperti itu apa kita akan dapat menghadapi UNAS dan lulus? Tentu saja tidak!

Jadi jauhkanlah diri kita dari penyebab stres yang ada seperti kekhawatiran atau ketakutan yang berlebihan terhadap UNAS.
Lalu bagaimana kita bisa tenang-tenang aja menghadapi UNAS? Coba kita bicarakan ini lebih dalam.

STRATEGI JITU = PERSIAPAN MATANG
Hey! Karena memang UNAS adalah hal yang penting bagi kita sebagai pelajar, maka strategi yang jitu perlu kita rencanakan sedini mungkin.
Bayangkan saja kita akan menghadapi perang besar, tanpa strategi, bagaimana kita akan memenangkan peperangan itu?
Menang berarti lulus, lulus menjadi harga mutlak yang tak bisa ditawar. Lalu bagamana strategi yang baik untuk menghadapi UNAS? Cukup sederhana, yaitu cukup dengan persiapan yang matang.
Persiapan itu dapat dilihat pada artikel "TIPS AND TRICK SIAP UNAS!" pada blog saya ini.
Sekarang jika sudah siap menghadapi UNAS, apa lagi yang harus ditakutkan?

KESIMPULAN

Jadi buat apa phobia UNAS atau dengan kata lain memiliki ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan. Phobia itu hanya akan menimbulkan stres pada diri kita. Seperti yang sudah kita baca tadi, dampak stres sangat merugikan diri sendiri karena akan mengganggu dalam persiapan kita menghadapi UNAS. Sebaliknya seharusnya kita tidak perlu takut atau cemas dan harus mempersiapkan segala sesuatunya. Kesiapan yang matang dapat membuat kita selalu siap menghadapi soal-soal yang ada.
SEMANGAT!!

0 comments:

Posting Komentar