QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Sabtu, 23 Januari 2010

Anak-Anak Sekolah, Bersih-Bersih Sekolah


Anak-Anak Sekolah, Bersih-Bersih Sekolah

Kemarin Jumat sebenarnya sudah diumumkan bahwa pada hari sabtu (23/1) hari ini akan dilakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Tapi dasarnya pelupa, ya saat sabtu pagi itu saya sedikit memperhatikan pengumuman lewat speaker mengenai pembagian tugas kerja bakti yang sebenarnya saya sudah tahu.
Pagi itu sangat cerah karena biasanya hujan datang saat tengah hari atau menjelang petang. Saat jam menunjukkan pukul 07.00 WIB, seluruh warga Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Yogyakarta menuju tempat-tempat yang sudah ditentukan menurut pembagian tugas untuk kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan kerja bakti ini rutin dilakukan setiap sabtu pagi mulai pukul 07.00 dan dilakukanselama kurang lebih setengah jam. Tetapi bagi saya setengah jam itu sudah sangat bermanfaat. Terus apa aja manfaat dari kerja bakti ini???

Lingkungan Jadi Bersih
Tentu saja dampak langsung yang dapat kita rasakan setelah kerja bakti dilakukan yaitu lingkungan akan menjadi bersih. Iya kan? Di sekolah biasanya masih banyak kecenderungan para siswa siswinya yang MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN! Sehingga banyak juga sampah sampah anorganik berupa bungkus permen, plastik, dll yang berserakan di sudut-sudut halaman maupun di sudut-sudut kelas. Nah dengan kerja bakti ini, sampah sampah anorganik yang berbulan bulan atau bahkan bertahun tahun sudah tertimbun, akhirnya tersentuh dan akhirnya dapat masuk juga dalam bak sampah.
Lihat nih bak sampahnya mpe penuh!


Meningkatkan Kepedulian Kita Terhadap Lingkungan

Nah ini dia yang terpenting. Dari sejak manusia menginjak planet bumi ini, manusia otomatis bertanggungjawab untuk menjaga planet bumi dengan baik karena bumi adalah tempat tinggal kita. Seperti rumah sebagai tempat tinggal, tempat berlindung, tempat berkumpul bersama keluarga. Bayangkan saja jika rumah kita itu kotor, tidak terawat, dan bahkan rusak, pasti tidak akan nyaman untuk ditinggali. Seperti halnya bumi kita ini, jika kotor, tidak terawat, atau bahkan rusak, pasti juga tidak akan nyaman untuk ditinggali. Contohnya yang sudah kita rasakan sudah sejak lama yaitu terjadinya pemanasan global. Itulah salah satu contoh kerusakan bumi yang diakibatkan oleh ulah kita sendiri yang kurang sadar untuk menjaga bumi dan cenderung selalu mengotori bumi. Nah, dengan melakukan kebiasaan kerja bakti seminggu sekali ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Menambah Keakraban Antar Warga Sekolah
Nah, ini dia yang menyebabkan acara kerja bakti menjadi lebih menyenangkan. Sabtu pagi itu, seluruh warga SMTI YO tumpah ruah mrnyisihkan setengah jam dari waktu mereka selama seminggu itu untuk kerja bakti. Artinya pasti akan terjadi interaksi antara siswa siswi, guru guru, dan karyawan. Tidak terelakkan lagi dalam kesempatan kerja bakti kerja bakti itu akan terjalin hubungan yang lebih baik lagi antar warga sekolah. Sehingga kerja bakti tidak akan menjadi suatu beban, namun menjadi aktivitas yang menyenagkan, atau bahkan akan selalu ditunggu tunggu kehadirannya.

Terbentuknya Rasa Memiliki
Memang tidak dipungkiri bahwa kerja bakti itu bikin CAPEK! Hehe, tapi capek karena kerja bakti itu membuat para partisipan menjadi tumbuh rasa saling memiliki, dalam hal ini adalah saling memiliki sekolah. Karena siapa yang mau, lingkungan yang sudah capek-capek dibersihin, E, E, E, E, tiba-tiba ada yang membuang sampah sembarangan dengan ringannya, wah bisa-bisa kena pukul orang yang sudah menjaga lingkungan itu tetap bersih. Itulah yang saya maksud engan rasa saling memiliki itu.
Jadi walaupun kerja bakti yang kita lakukan setiap minggu itu kelihatan hanya seperti kegiatan kecil saja, namun manfaatnya cukup gede juga kan...
Ingat juga kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan adalah cermin kepribadian. Maka dari itu kebersihan adalah penting, karena tidak mungkin orang yang rajin mandi dua kali sehari, tidak menjaga kebersihan lingkungan. Bisa jadi pertanyaan juga jika kalian masih membuang sampah sembarangan berarti kalian jarang mandi juga. Hahahaha wah jadi ngaco artikelnya,,,
Intinya, KEEP OUR EARTH CLEAN aja lah!!
WOKEYYY???!!

Reactions:

3 comments:

  1. pe, au urng moco. tp tag coment disek yow... agagagagag!

    BalasHapus
  2. wah... foto q kok gag ada pe???

    BalasHapus