QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Selasa, 26 Januari 2010

Analisa Secara Spektrofotometri Serapan Atom

Berikut ini adalah analisis yang bisa kita lakukan menggunakan SSA:
1.Analisis Kualitatif
Analisis ini dapat dilakukan dengan lampu katoda berongga sesuai dengan unsur yang dianalisis. Jika pada panjang gelombang dan lampu katoda tertentu larutan memberikan absorbansi, maka sampel mengandung unsur sesuai dengan lampu yang digunakan.
2.Analisa Kuantitatif
Analisis ini digunakan pada larutan sampel dan larutan standar. Cara yang biasa digunakan yaitu:
1)Metode Dengan Standar Unsur
Dilakukan dengan membuat kurva kalibrasi antara absorbansi dengan konsentrasi larutan standar. Konsentrasi larutan sampel dapat ditentukan dengan cara menginterpolasikan absorbansi larutan sampel pada kurva kalibrasi.
2)Metode Dengan Standar Adisi
Cara ini cocok untuk sampel yang mengandung matriks yang sangat kompleks dan konsentrasinya tinggi. Pada metode ini dibuat sederetan sampel dengan konsentrasi yang sama, dan masing-masing ditambah larutan standar dari unsur yang akan dianalisis dari konsentrasi 0 sampai konsentrasi tertentu. Absorbansi masing-masing larutan diukur pada panjang gelombang resonansinya kemudian dibuat kurva absorbansi vs konsentrasi standar yang digunakan. Dengan mengekstrapdasikan kurva ke dalam sumbu konsentrasi yang menyatakan konsentrasi unsur di dalam cuplikan yang diukur.
3)Metode Analisis Mikro
Metode ini digunakan untuk larutan yang mempunyai absorbansi kecil. Dilakukan dengan memperbesar skala pembacaan atau memperbesar faktor perbesaran. Konsentrasinya dihitung dengan cara kalibrasi.

2 comments:

  1. WAH INFO YANG MENARIK NIH. . . MAU TUKERAN LINK ??? KOMENT BLOG KU DOONGG SEPII NIIHH ;( http://fianmuse.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. WAH INFO YANG MENARIK NIH. . . MAU TUKERAN LINK ??? KOMENT BLOG KU DOONGG SEPII NIIHH ;( http://fianmuse.blogspot.com/

    BalasHapus