QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Kamis, 04 Maret 2010

Budaya Nge-Blog,Budaya Baca dan Menulis


Apa yang anda dapatkan ketika mengetik kata kunci dalam suatu searchengine spt google?
Kerap kali kita disuguhkan dengan hasil penemuan dari banyak website. Tak jarang juga kita ditujukan pada blog-blog yang juga kebetulan memuat kata kunci yang kita cari. Sebenarnya apa sih blog itu? Blog seperti web,namun tampilannya lebih sederhana,dapat digunakan sebagai media bertukar informasi,biasanya berisi artikel-artikel dengan tujuan memberi informasi maupun iklan,dll.
Fungsi blog sangat luas,bahkan blog yang aktivitas updatenya tinggi dengan isi yang berkualitas tak jarang malah mendatangkan rezeki karena banyak dikunjungi sehingga muncul peluang pemasangan iklan yang dapat dimanfaatkan.
Dewasa ini blog sangat mudah dibuat dan dimiliki karena memang ada website penyedia jasa pembuatan personal blog seperti bloger,wordpress,dll.
Karena kemajuan teknologi informasi sangat pesat, gaya hidup pun berkembang dan terpengaruhi. Dulu mungkin orang cenderung lebih memanfaatkan media massa untuk membagi pikiran dan gagasan dalam bentuk tulisan,biasanya media cetak seperti koran,majalah,buletin,dll. Tetapi media cetak sangat terbatas penikmatnya,terbatas pula pada hari apa media tersebut terbit. Selebihnya, setelah media cetak itu kadaluarsa, tulisan yang termuat pun juga akan ditinggalkan karena sudah ada terbitan yang baru. Maka dari itu sangat terbatas, apalagi media cetak juga terbatas pemasarannya, sehingga penikmatnya hanya di daerah-tertentu saja di mana media cetak itu dipasarkan.
Lalu kita coba melirik media elektronik, tetapi media elektronik akan sangat aneh jika untuk menyampaikan buah pikiran dan gagasan dalam bentuk tulisan, apa mau dibacakan? Sepertinya tidak mungkin, jika mungkin pun akan sangat aneh dan tidak efisien.
Banyak para penulis memilih menahan hasrat berbaginya untuk kemudian disusun menjadi sebuah buku.
Tapi ingat, masih banyak penulis amatir yang akan kah sangat sulit jika harus menyusun ide maupun gagasan mereka untuk dijadikan sebuah buku.
Disinilah peran internet dalam membantu para penulis menyampaikan ide dan gagasan mereka secara bebas, tanpa takut tulisan mereka kadaluarsa, dan tak mengkwatirkan siapa yang akan membacanya. Tulis saja pada blog anda, maka tulisan anda pasti tidak akan kadaluarsa selama anda selalu update dan kemungkinan dibacanya tulisan anda akan sangat besar karena blog anda mempunyai kemungkinan dikunjungi oleh pembaca di seluruh dunia yang menggunakan internet.

Menanamkan budaya membaca dan menulis dengan menggunakan blog.
Berkualitas atau tidak suatu blog tergantung dari isinya. Karena hal itu akan mempengaruhi banyak sedikitnya pembaca mengunjungi blog anda. Jadi mutlak jika anda harus memperhatikan konten tulisan yang akan anda terbitkan. Nah! Sekarang, berbobot atau tidaknya suatu tulisan dipengaruhi oleh wawasan penulisnya. Seperti yang kita tahu bahwa modal awal kita menulis adalah membaca. Jadi membacalah untuk memperluas wawasan supaya tulisan yang anda suguhkan dapat mengena, berbobot, dan berkualitas.Karena kini anak-anak sekolah dasar saja sudah bisa menggunakan internet, ada baiknya juga jika anak-anak sekarang diarahkan pada budaya nge-blog yang bebas namun juga harus ada batasan oleh orang tua. Sangat menarik jika fasilitas ini dimanfaatkan dengan baik, karena dampak positifnya sangat banyak. Antara lain jika kita mempunyai budaya nge-blog, kita mempunyai budaya membaca dan menulis. Kita jadi banyak membaca yang mengakibatkan bertambah luasnya wawasan kita.
Lalu dalam aktivitasnya, ada proses yang menghasilkan sesuatu, yaitu dengan membaca kita dapat menulis, berarti kita menjadi lebih produktif dan kreatif.
Kemudian orang yg mempunyai budaya nge-blog bisa dapat penghasilan juga jika blognya terkenal dan selalu update dengan tulisan-tulisan yang bermutu. Selain itu jika blog anda terkenal, otomatis anda juga akan terkenal, iya kan??
Hehehe

Budaya nge-blog melatih kita untuk bertanggung jawab.
karena fungsi blog sangat luas, maka cakupan penggunanya pun juga sangat luas.
Tidak hanya orang-orang yang hoby menulis saja, tapi semua orang juga.
Konten blog pun akan sangat luas dan bermacam-macam karenanya. Maka,jangan sampai kita teracuni oleh tulisan-tulisan yang tidak bermanfaat dan tidak bertanggung jawab. Apalagi kita menerbitkan tulisan-tulisan seperti itu. bisa-bisa nanti kita dituntut oleh orang yang tidak nyaman akan keberadaan tulisan pada blog kita. Maka perlulah sikap yang dewasa dalam memanfaatkan fasilitas ini. Contohnya jika kita pelajar dapat membuat blog yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Dengan kata lain buatlah blog yang memuat hal-hal positif.
Karena seluruh hal yang ada di dunia ini seperti uang logam yang mempunyai dua sisi. Baik dan buruk. Semua itu tergantung dari diri kita masing-masing, karena blog juga bersifat personal. Lagipula jika isi blog sudah mengandung SARA atau SARU pasti ada yang melaporkan blog anda. Jadi manfaatkanlah fasilitas blog ini semaksimal dan sepositif mungkin. Sehingga jangan sampai blog anda diblokir!!

1 comments:

  1. bloging gak gitu berguna coy,,,

    tapi bloging juga bisa menunjukkan ide ide, tapi gak jelas hak patennya,,

    wkwkwk

    BalasHapus