QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Jumat, 20 November 2009

tips and trick sukses ujian PKL!!!

Halo halo semua siswa siswi kelas 3 SMTI Yogyakarta yang kini sedang melaksanakan PKL di instansi maupun di pabrik pabrik guedhe. Ku punya tips and trick ne buat kalian bisa sukses dalam ujian PKL kalian yang mungkin beberapa minggu lagi akan dilakukan. Hemmmm mungkin bagi kalian ini hal yang sepele namun jika kita sadari mulai sekarang, nilai di balik lembar sertifikat kalian itu penting lohhhh!
Yahh anggap aja nilai kalian itu cuma diantara 70-80, siapa pun yang liat gak kan terheran karena di bawah tabel penilaian kalian tertulis notes bahwa interval penialaian hanya dari 60 sampai 100. jangan sampai lah hal itu menimpa kalian karena kalian asal asalan dalam melakukan PKL. Ini adalah beberapa tips untuk kalian biar kalian memang bisa dibilang kompeten dengan 'm'. CHECK IT OUT!
1. Sungguh sungguh lah!!
Gak perlu panjang kalimat untuk menjelaskannya, mungkinkalian dah tahu kalau kalian PKL itu harus sungguh sungguh. Lakukan semua pekerjaan yang pembimbing kalian suruh, jangan terlalu banyak mengeluh. Jawablah perintah pembimbing kalian dengan tegas. Hal ini mempengaruhi nilai kalian dalam aspek kelakuan. Pembimbingku di BATAN bilang kalau kalian bisa melaksanakan pekerjaan dengan baik, berarti kalian bisa bekerja juga dengan baik.
2. Perhatikan apa yang kamu kerjakan
Bila kalian sudah terbiasa mengamati secara runtut cara kerja yang ada di buku panduan proksimat misalnya, kalian mungkin dah terbiasa meruntutkan semua pekerjaan kalian dengan cara kerja. Karena kan biasanya prosedur kerja dalam kalian PKL kan tidak tertulis secara gamblang hitam diatas putih, namun yang kalian terima adalah berupa instruksi kerja berbentuk verbal (diucapkan). Ini tips untuk kalian yang kurang terbiasa memperhatikan cara kerja kalian saat PKL. Hal yang perlu kalian lakukan adalah tulis cara kerja kalian. Itu saja kok, hindari juga mengawang awang dalam pikiran apa yang kalian kerjakan. Kalau lupa kan kalian sendiri yang susah.
3. Perhatikan juga hal hal kecil
Ingat bahwa suatu yang besar tak lepas dari suatu yang kecil. Contohnya adalah senyawa dibentuk dari unsur, unsur terbentuk dari atom, atom terbentuk dari muatan muatan, muatan itu ada proton neutron dan elektron. Nilai ujian kalian besar juga tak lepas dari sesuatu yang kecil. Maka mulai sekarang biasakan memperhatikan hal hal kecil yang mungkin kalian selalu melewatkannya. Contohnya saya tadi melakukan destruksi cuplikan dengam metode bomb digester. Dalam prosesnya, cuplikan berupa batako 200mg ditambah dengan HNO3 5ml dan HF 0,5ml lalu dimasukkan ke dalam teflon. Mana hal kecilnya? Tersiratkah di dalam pikiran kalian pertanyaan ini: apa fungsi HNO3? Kenapa harus dengan HNO3? Kenapa tidak menggunakan asam yang lain? Mengapa juga harus ditambahkan HF? Kenapa juga harus menggunakan teflon?
Itulah hal hal kecil yang saya lewatkan dalam praktek saya, padahal hal hal seperti itulah yang mungkin pembimbing tanyakan dalam ujian kalian.
4. Bersosialisasilah!
Jangan sampai kalian kuper dalam hal ini. Jangan sampai kalian sendiri tidak tahu di mana tempat tinggal pembimbingmu. Mungkin akan kedengaran aneh, tapi itulah yang namanya bersosialisasi atau dala bahasa jawanya yaitu "srawung". Jalinlah hubungan yang baik dengan pembimbingmu. Hal ini akan membuat suasana kerja kalian menjadi lebih kondusif dan kalian juga jadi gak canggung kalau mau tanya tanya dengan pembimbing kalian sediri. Srawung juga sama pegawai yang ada di sana. Hal ini juga mempengaruhi nilai kalian lho, kalau kalian akrab dan menjalin hubungan yang baik dengan pembimbing kalian mungkin pembimbing kalian akan sedikit murah memberikan nilai dalam ujian kalian.
Tips and trick itu kalau kalian lakukan yah mungkin akan sedikit bermanfaat buat kalian.
Yahhh yang bisa ku sampein ke kalian Cuma itu aja. Pokoknya kita saling support demi kelancaran PKL kita,, okkayy??!!!
Kalau kalian punya tambahan untuk artikel ini,, tinggal dikomen aja.
Salam SMTI YO!!

0 comments:

Posting Komentar