QUOTES

Mempunyai ambisi untuk mengalahkan orang lain terkadang secara tidak sadar muncul. Tetapi butuh kesadaran jika ingin menumbuhkan ambisi untuk mengalahkan diri sendiri.

Rabu, 25 April 2012

Embung Tambakboyo

Waduk ini berada di Dusun Tambakboyo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dibangun pada tahun 2003 dengan luas genangan 7,8 ha pasti Anda akan terbayang-bayang seberapa luas air yang terhampar di tengah-tengah pemukiman warga. Embung Tambakboyo ternyata tidak jauh dari rumah saya! Tetapi keberadaannya seolah-olah tidak tampak bahkan untuk menjadi topik pembicaraan saja jarang. Namun akhir-akhir ini foto-fotonya sering muncul di facebook, diupload oleh beberapa teman saya. Tentu saja hal itu membuat rasa penasaran saya muncul hingga saya memutuskan untuk mengunjunginya.
Tidak perlu tiket resmi untuk memasuki kawasan waduk Embung Tambakboyo ini. Hanya akan ada warga yang memberi semacam karcis parkir dan kita hanya cukup memberikan uang Rp 2000/motor. Setelah memasuki kawasan waduk ini, pertama kali kita akan disuguhi dengan pemandangan air yang luas mirip seperti danau, yahh selayaknya waduk kan pasti luas. Sekitar pukul 15.20 waktu setempat, waduk ini sangat sepi, dengan luas 7,8 ha, mungkin hanya ada kurang lebih 50 orang yang beraktivitas di waduk Embung Tambakboyo. Entah itu hanya menikmati pemandangan, memancing, joging bahkan pacaran. Maka muncullah pertanyaan di pikiran saya, apaah benar-benar waduk Embung Tambakboyo ini adalah obyek wisata?

Melihat keadaan waduk Embung Tambakboyo saat ini, sebenarnya kita sedang melihat suatu potensi wisata air yang sangat besar. Coba saja amati seberapa luas air yang ada di Embung Tambakboyo. Dari fotonya saja kita akan terbayang-bayang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di waduk tersebut. Namun kenyataannya saat ini waduk yang telah disebut-sebut sebagai obyek wisata air itu belum dikelola secara baik. Memang sangat disayangkan, 9 tahun keberadaan Embung Tambakboyo belum bisa membuat namanya terdengar oleh masyarakat Yogyakarta sendiri.

Oleh karena itu saya mengajak seluruh warga Indonesia untuk peka akan potensi-potensi pariwisata di sekitar kita. Khusus untuk warga Yogyakarta, marilah kita kembangkan potensi pariwisata kota kita, terutama Embung Tambakboyo ini secara mandiri dahulu. Dengan inisiatif masyarakat yang begitu besar mungkin pemerintah daeraha akn turun tangan langsung mengelola waduk ini untuk benar-benar dijadikan obyek wisata di Yogyakarta.

Jika boleh kita berandai-andai, kalau saya menjadi pengelola waduk ini saya akan:
1. Membuat festival perahu layar.
2. Membuat pertunjukkan air mancur.
3. Main kano di tengah waduk.
4. dll dll...

Bagaimana denganmu??
Salam.

Materi referensi: http://www.jogjatrip.com/id/750/embung-tambakboyo

0 comments:

Posting Komentar